Header Ads

6 Tips Cara Belajar Efektif

Sekolah sudah masuk nih, kuliah juga sebentar lagi mulai tahun ajaran baru. Guru-guru pasti udah mulai kasih banyak tugas, oh no! Harus dapet nilai bagus nih dengan belajar lebih keras :(
Jangan takut deh, di bawah ini ada 6 Tips Belajar Efektif yang bikin kamu say bye ke belajar keras karena ada cara belajar cerdas yang lebih menyenangkan!

6 Tips Belajar Efektif


Jangan takut deh, di bawah ini ada 6 Tips Belajar Efektif yang bikin kamu say bye ke belajar keras karena ada cara belajar cerdas yang lebih menyenangkan!

1. Sebelum Belajar, Olahraga Sebentar Buat Mempersiapkan Tubuh dan Otak Menghadapi Pelajaran
Cukup setengah jam latihan aerobik seperti lari atau jogging bisa mempertajam kemampuan otak memahami konsep baru. Selain membuat otak jadi segar, badan juga makin bugar!
Jangan lupa pakai peralatan olahraga yang kece ini agar hasil maksimal ya!
2. Setel Musik! Selain Membangun Mood Buat Belajar, Musik Juga Merangsang Kerja Otak agar Maksimal Loh ;)
Mungkin ada di antara kamu yang suka belajar di tempat sepi, tapi nggak ada salahnya kok nyalain speaker dan menikmati musik. Beberapa jenis musik terbukti mampu menghilangkan stress dan tekanan saat belajar!
3. Belajar di Tempat dengan Udara Jernih, Supaya Pikiran Ikutan Bersih dan Siap Diajak Kerjasama
Emang bawaannya nggak fokus kalau belajar di tempat yang pengap apalagi kotor! Udara jernih bisa membantu kamu lebih kalem saat belajar sebelum ujian. Apalagi kalau ditambah harum essential oil yang menenangkan.
Coba gadget penjernih udara murah ini, ruangan jadi lebih oke buat belajar!
4. Jangan Pernah Lupa untuk Minum, Biar Tubuh Tetap Fit dan Kamu Jadi Konsentrasi Terus!
Kekurangan air bisa bikin hilang konsentrasi. Untuk kegiatan belajar coba deh tambah dengan kopi atau teh yang mengandung kafein agar kreativitas dan konsentrasi makin terjaga.
Tapi jangan lupa juga untuk minum air putih! Pakai botol-botol lucu agar selalu ingat saatnya minum :D
5. Belajarlah Sambil Ngantuk! Penelitian Membuktikan Kalau Tips Belajar Ini Adalah Salah Satu Cara yang Ampuh
Kamu bisa coba baca atau dengarkan materi pelajaran yang tidak terlalu rumit sebelum tidur. Penelitian menyebutkan kalau pada saat kita tidur, otak akan menguatkan apa yang sudah kita baca sebelumnya.
Yang penting jangan kerjakan PR sebelum tidur karena akan menghambat tubuh untuk tidur lelap.
6. Temukan Gaya Belajar Efektif Kamu Sendiri! Cari Tahu Kebiasaanmu yang Bikin Makin Semangat Belajar
Kamu lebih suka belajar sambil makan? Atau mungkin belajar di alam terbuka supaya gampang mengistirahatkan mata? Kenali gaya belajar yang paling bikin semangat belajar! Niscaya nilai yang tinggi akan lebih mudah digapai ;D
Nah, itu dia 6 tips belajar efektif yang bisa diikuti buat naikin nilai bahkan bantu kamu buat lulus ujian! Terus semangat belajar ya menghadapi tahun ajaran baru 2018!